Menu Melayang




Penyebab Batu Ginjal Dari Makanan Sehat

Ginjal merupakan bagian penting dalam tubuh kita yang terletak pada bagian rongga belakang usus agak keatas. Untuk bentuk ginjal seperti kacang jika dilihat dari sisi cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh. Pada sisi yang menghadap ke sumbu tubuh tersebut terdapat hilus ginjal. Apa itu hilus ginjal?

Hilus ginjal adalah tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfa, saraf, dan ureter yang masuk dan keluar dari organ ginjal kita. Ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air kencing atau urin. Pada manusia normal memiliki sepasang ginjal yang berada disebelah kiri dan kanan.

Penyebab batu ginjal karena penumpukan mineral dan garam dalam ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit berat yang bisa menghilangkan nyawa kita, oleh sebab itu jika ginjal kita bermasalah, segeralah berobat kedokter, jangan dibiarkan sakit terlalu lama.

Ada beberapa makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan menyehatkan tubuh kita, akan tetapi kandungan yang ada didalamnya dapat menyebabkan pengkristalan di dalam organ ginjal kita. Jika seseorang pernah sakit batu ginjal, dapat dipastikan dalam waktu 10 tahun mendatang penyakit tersebut akan menyerang anda kembali. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para dokter dan para ahli penyakit ginjal.

Makanan dan minuman yang saya maksud diantaranya:
  1. Teh Hitam. Kita semua tahu bahwa teh hitam merupakan minuman kesehatan yang dapat menyegarkan tubuh dan dapat mencegah penyakit kanker. Akan tetapi jika kita mengkonsumsi teh hitam dalam jumlah yang cukup besar dan dalam waktu yang lama, ternyata dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Kandungan yang ada dalam teh hitam yaitu kalsium oksalat yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan batu ginjal. Jadi jika anda suka minum teh hitam dalam jumlah yang banyak, sebaiknya dikurangi porsinya atau lebih baik dihentikan.
  2. Makanan Tinggi Oksalat. Makanan apa saja itu? Makanan yang tinggi oksalat diantaranya: bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe dan tahu. Sebenarnya makanan tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan penyakit batu ginjal. Penelitian terbaru menyatakan bahwa cokelat dan kopi juga mengandung zat oksalat, jadi jika anda mengkonsumsi cokelat dan kopi sebaiknya jangan terlalu banyak atau dibatasi saja.
  3. Daging. Sebagai orang awam pasti tidak menyangka kalau daging dapat menyebabkan batu ginjal. Kita semua tahu bahwa daging mengandung protein hewani yang bagus untuk tubuh kita, akan tetapi jika kita mengkonsumsi terlalu banyak daging akan menyebabkan urin kita menjadi asam. Hal tersebut yang menyebabkan penyakit batu ginjal. Konsumsilah daging sewajarnya atau dibatasi, tubuh kita juga perlu protein sebagai zat pembangun.
  4. Telur. Siapa yang menyangka kalau telur ternyata dapat menyebabkan batu ginjal. Pasti yang kita tahu kalau telur mengandung protein hewani, sama halnya dengan daging. Setelah diteliti, protein hewani dalam tubuh kita akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir dari proses metabolisme adalah asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam urin kita akan menyebabkan batu asam urat didalam organ ginjal kita.
Empat jenis makanan diatas memang sangat bagus dikonsumsi dan zat yang terkandung didalam makanan tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Makanan-makanan tersebut pasti dikonsumsi oleh kita semua sehari-hari, termasuk oleh admin Blogger Palembang tentunya. Kalau menurut saya, makan saja makanan seperti diatas, asal jangan terlalu banyak. Segala sesuatu kalau berlebihan pasti kurang bagus hasilnya. Cara untuk mencegah terkena batu ginjal yaitu: minumlah air putih minimal 8 gelas sehari dan rajin-rajinlah berolahraga, Insya Alloh badan kita sehat dan terhindar dari serangan batu ginjal yang mematikan.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel