Menu Melayang




Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Leher?

Selain masalah pada punggung, bekerja di rumah juga bisa menyebabkan munculnya masalah pada leher. Penempatan laptop atau komputer yang tidak tepat menyebabkan postur kita tidak sempurna ketika duduk.

Hal ini bakal semakin parah ketika kamu melakukannya dalam jangka waktu cukup lama setiap hari. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan berlama-lama memandang gawai.

Posisi membungkuk yang kamu lakukan ketika bermain ponsel atau menggunakan laptop bisa menyebabkan leher menjadi kaku. Posisi membungkuk ini membuat otot dan jaringan lunak di leher menjadi tegang.

Berbagai hal lain juga bisa menyebbakan masalah ini seperti postur tubuh yang buruk, stres, leher terlalu banyak bergerak, dan lain sebagainya. Berbagai hal tersebut juga bisa jadi penyebab rasa kaku di leher.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Lehar?

Untuk mengatasi kondisi tak nyaman di leher tersebut ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan. Berikut sejumlah cara mudah untuk atasi sakit leher.

Beri Es atau Air Panas

Tempelkan es selama 20 menit beberapa kali dalam sehari untuk meredakan peradangan di leher. Kamu juga bisa berselang-seling melakukannya dengan air panas baik dengan cara berendam, shower, atau meletakkannya di wadah tertentu dan tempelkan di leher.

Gunakan Pereda Rasa Sakit

Beli sejumlah obat pereda sakit yang mudah ditemui bisa jadi cara cepat atasi masalah ini. Hanya saja perhatikan juga agar tidak berlebihan mengonsumsi obat ini dan segera konsultasi ke dokter jika masalah tak kunjung reda.

Lakukan Peregangan dengan Hati-Hati

Peregangan bisa membantu mengatasi rasa sakit dan kaku serta menghindari terjadinya hal ini di masa mendatang. Hanya saja lakukan dengan hati-hati dan perlahan karena gerakan secara tiba-tiba malah bisa menimbulkan rasa sakit lebih lanjut. Sebelum melakukan peregangan, sebaiknya mandi air panas atau tempelkan wadah berisi air panas ke leher.

Peregangan yang bisa kamu lakukan berupa:

- Putar pundak maju dan mundur dalam bentuk lingkaran
- Tekan pundak secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik
- Menoleh ke kanan dan kiri secara perlahan.

Dipijat

Salah satu cara paling ampuh untuk melemaskan leher yang sakit dan kaku adalah dengan dipijat. Pastikan agar leher dipijat oleh ahlinya untuk membantu meringankan masalah di leher dan punggung.

Akupuntur

Akupuntur merupakan cara pengobatan alternatif yang bisa membantu mengatasi nyeri dan kaku di leher. Hal ini bisa membantu mengatasi rasa tak nyaman di leher dengan cepat.

Batasi Aktivitas Fisik

Ketika kondisi leher sakit ini muncul akibat aktivitas fisik, sebaiknya membatasi kegiatan tersebut agar rasa kaku tak semakin parah. Hal ini bisa setidaknya mencegah munculnya masalah yang lebih parah pada leher.

Kurangi Stres

Stres bisa menyebabkan otot leher menjadi lebih kaku. Menurunkan stres bisa membantu mengatasi dan mencegah munculnya nyeri di leher. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan hal seperti mendengarkan musik, meditasi, berlibur, serta melakukan hal yang disenangi.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan cara yang tepat untuk memperkuat otot leher dan mencegah cedera lebih lanjut. Hal ini juga bisa menjadi cara memperbaiki postur serta melepaskan stres yang mungkin jadi penyebab leher kaku.

Atur Kondisi Tempat Tidur

Mengubah kondisi tempat tidur bisa membantu mencegah masalah leher sakit ini. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

- Ganti kasur dengan yang lebih keras
- Gunakan bantal leher
- Tidur dalam posisi miring atau terlentang
- Bersantai sebelum tidur

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel