Menu Melayang




Kopi Instan Lebih Sedikit Kandungan Kafeinnya

Salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi oleh seseorang setiap hari adalah kopi instan. Minuman jenis ini sangat mudah dibuat karena tinggal diseduh saja.

Kemudahan membuat serta harga yang murah menjadikan minuman ini sangat digemari oleh banyak orang. Berbagai merek kopi instan juga beredar di pasar dan sangat mudah didapat.

Dalam pembuatannya, kopi instan ini sama seperti kopi biasa ketika diseduh. Minuman ini terbuat dari ekstras kopi kering yang terbuat dari biji kopi.

Kopi Instan Lebih Sedikit Kandungan Kafeinnya

Setelah kopi ini diseduh, produsen kopi instan membuang air berlebih dari ekstak untuk mendapat bubuk. Walau terbuat dari bahan yang sama namun apa kah kopi instan memiliki manfaat kesehatan yang sama? Berikut sejumlah manfaat dan masalah yang mungkin muncul dari konsumsi kopi instan.

Antioksidan

Manfaat kesehatan yang dimiliki oleh kopi berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Walau lebih terkonsentrasi, kopi instan masih mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kopi mungkin mengandung lebih banyak antioksidan dibanding minuman lain. Peneliti juga mengatakan bahwa satu cangkir kopi instan mengandung potassium, magnesium, vitamin B3 serta hanya tujuh kalori.

Lebih Sedikit Kafein

Konsumsi kafein dalam jumlah tinggi dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Kamu mungkin mengalami masalah tidur, kecemasan, kurang istrirahat, sakit perut, tremor, perubahan detak jantung.

Kopi instan bisa menjadi pilihan yang baik bagi seseorang yang ingin mengurangi asupan kafein. Satu sendok teh kopi instan mengandung 30 hingga 90 mg kafein, sedangkan kopi biasa mengandung 70 hingga 140 mg kafein.

Memiliki Lebih Banyak Akrilamida

Akrilamida merupakan bahan kimia yang bisa merusak sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker. Munculnya kandungan kimia ini bisa terjadi ketika kopi sedang dipanggang.

Dibanding kopi biasa, kopi instan mungkin mengandung akrilamida dua kali lebih banyak. Namun untungnya jumlah kandungan kimia di kopi ini masih dalam batas aman.

Berkurangnya Manfaat Karena Sedikit Kafein

Kafein memiliki sejumlah dampak buruk namun tak sedikit juga manfaat yang diperolehnya. Dalam jumlah yang tepat, kafein mampu memicu kerja otak, meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, dan mengurangi risiko penyakit liver.

Sejumlah manfaat dan masalah tersebut bisa kamu peroleh dari segelas kopi yang kamu minum. Pastikan untuk mempertimbangkan sejumlah hal tersebut agar terhindar dari masalah kesehatan.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel