Menu Melayang




Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Sakit Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada paru-paru.

Hal ini menyebabkan munculnya cairan atau lendir pada bagian paru-paru. Secara langsung, hal ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, demam, batuk, atau rasa meriang.

Pada COVID-19, pneumonia merupakan salah satu gejala dari penyakit ini. Secara umum, pneumonia bisa menyebabkan nyeri di dada, sesak napas, batuk, kelelahan, demam dan meriang, serta mual dan muntah.
Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Sakit Pneumonia


Pneumonia hanya bisa disembuhkan dengan pengobatan. Walau begitu, pengobatan rumahan dan makanan tertentu bisa membantu mempercepat penyembuhan. Berikut sejumlah makanan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan pneumonia.

Whole Grains

Whole grains seperti quinoa, beras merah, oats, maupun barley memiliki kandungan karbohidrat dan vitamin B yang tinggi. Keduanya bisa memberi tenaga pada tubuh serta menjaga temperatur tubuh tetap terkontrol. Kandungan selenium di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan Kaya Protein

Seseorang yang mengalami penumonia sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging putih serta ikan yang memiliki kandungan anti peradangan. Sejumlah masakan ini membantu mengatasi jaringan yang rusak dan membentuk jaringan baru di dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Sayurab hijau memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan dapat mempercepat penyembuhan infeksi paru-paru. Sejumlah sayuran seperti kale, lettuce, serta bayam bisa menjadi sumber antioksidan yang melindungi diri dari penyebab infeksi.

Sitrus

Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, berri, dan kiwi bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan. Antioksidan di dalamnya bisa melindungidiri dari patogen penyebab infeksi.

Yogurt

Probiotik yang ada di dalam yogurt bisa menghambat pertumbuhan patogen penyebab pneumonia. Selain itu, kandungan ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut bisa sangat membantu dalam pemulihan seseorang yang mengalami pneumonia. Iringi dengan cukup istirahat serta cegah terjadinya stres untuk semakin mempercepat pemulihan diri.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel