Menu Melayang




Mengapa Berolahraga Bisa Membuat Berat Badan Bertambah?

Olahraga merupakan cara utama bagi kita untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan terutama untuk menurunkan berat badan atau menjaga bobot ideal.

Berolahraga dan makan dengan tepat bisa menjadi cara yang tepat dalam menjaga berat badan ideal. Namun pada beberapa kondisi, bahkan setelah kamu melakukannya, berat badan justru naik. Kok bisa?

Mengapa Berolahraga Bisa Membuat Berat Badan Bertambah?

Hal ini tentu bakal membuatmu menjadi sangat bingung terutama ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Namun setidaknya terdapat sejumlah alasan mengapa hal ini terjadi. Berikut sejumlah alasan mengapa hal ini terjadi.

Retensi Air setelah Berolahraga

Air memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh. Usai berolahraga keras dan keringat mengalir deras, biasanya berat tubuh bakal menurun namun sayangnya jumlah tersebut kadang hanya air yang keluar dari tubuh. Sayangnya keluarnya air ini tidak mengubah komposisi tubuh sama sekali dan berat badanmu tetap.

Berat Melonjak Setelah Berolahraga

Banyak faktor yang bisa memengaruhi berat badan setelah berolahraga. Usai berolahraga terutama dengan sangat intens, sangat mungkin bahwa kamu bakal mengalami kenaikan berat badan.

Usai berolahraga, prosentasi massa sejumlah bagian tubuh bisa meningkat sebanyak 15 persen. Hal ini yang membuat tanpa kamu sadari berat badan justru melonjak dan bukannya malah turun.

Berat Badan Melonjak karena Latihan kekuatan Otot

Ketika kamu melakukan latihan yang membesarkan otot dan menurunkan lemak dalam tubuh, berat badanmu melonjak. Hal ini mengubah komposisi tubuh dan dapat terjadi dalam waktu seminggu hingga sebulan. Hal ini membuat bisa saja timbanganmu bakal melonjak walau secara penampilan kamu tampak lebih kurus.

Meningkatnya Otot, Menurunnya Lemak

Timbangan seharusnya tidak menjadi acuan tingkat kebugaran serta komposisi tubuh. Seperti disebut sebelumnya, perubahan tubuh yang semakin berat ini bisa jadi pertanda otot yang mengambil alih posisi lemak di dalam tubuh.

Sebaiknya jangan khawatir ketika berat badanmu naik walau kamu sudah berolahraga secara keras. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa otot sudah semakin membesar dan lemak dalam tubuh semakin menurun.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel