Menu Melayang




Mengapa Kita Harus Menggunakan Masker Dobel Di Era Pandemi Covid-19?

Penggunaan masker merupakan sebuah hal yang sangat dianjurkan pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Berdasar data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menutupi wajah bisa menurunkan infeksi COVID-19 hingga 70 persen.

Efektivitas penggunaan masker ini membuat orang mencoba menggunakannya secara rangkap. Hal ini dimaksudkan untuk menangkal infeksi ini dengan lebih ampuh. Namun benarkah hal ini bisa bermanfaat?

Mengapa Kita Harus Menggunakan Masker Dobel Di Era Pandemi Covid-19?

Dilansir dari Health, Scott Segal, MD, profesor di Thomas H. Irving dan kepala bagian anestesi di Wake Forest Baptist Health, Winston-Salem, North Carolina mengungkap bahwa masih sedikit data untuk menyimpulkan hal ini. Sebuah penelitian membuktikan manfaat menggunakan masker rangkap dua ini, namun hasil tersebut masih belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa penggunaan masker rangkap dua bisa bermanfaat terutama ketika tidak ada pilihan masker yang lebih baik.

"Menggunakan dua masker mungkin masuk akal jika kapasitas penyaringannya kurang kuat," terang Dr. Segal.

Efektivitas Masker Rangkap

Sebelumnya, Dr. Segal dan tim penelitiannya pernah membandingkan beragam jenis masker dan keampuhannya dalam menyaring hal-hal dari luar. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa kombinasi masker rangkap terbaik adalah berupa masker medis dengan masker kain.

Dr. Amesh Adalja, Pakar penyakit infeksi dari Johns Hopkins University Center for Health Security di Maryland juga mengungkap efektivitas penggunaan masker rangkap ini sangat tergantung dari bahan masker.

"Di mana kamu perlu untuk menggunakan dua masker tergantung dari kualitas masker tersebut," terang dr. Adalja.

"Hal ini sangat tergantung dari ukuran masker dan seberapa baik dia menjadi penghalang," sambungnya.

Waktu Terbaik Menggunakan Masker Rangkap

Penggunaan masker rangkap dua ini bisa sangat tergantung pada kondisi. Jika tidak ada masker yang efektif dan memiliki ukuran pas, maka dua masker dengan kualitas kurang baik bisa digunakan secara bersamaan untuk meningkatkan perlindungan.

Namun ketika penggunaan masker rangkap ini membuatmu kesulitan bernapas, maka sebaiknya lepaskan salah satunya.

"Tidak ada masker yang bisa bekerja sempurna jika kamu tak nyaman menggunakannya. Merangkap masker hingga membuatmu kesulitan bernapas bisa membuatmu mencopotnya atau bernapas di sela-selanya, sehingga efek penyaringannya tidak bekerja," terang dr. Segal.

Jika memang berniat menggunakan masker rangkap dua, pastikan yang terbuat dari bahan yang memudahkanmu untuk bernapas. Pastikan juga masker tersebut memiliki ukuran yang pas dan tidak longgar di bagian mulut serta hidung.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel