Menu Melayang




Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Cempedak

Sebagai negara tropis yang subur, Indonesia memiliki variasi buah yang sangat kaya. Beragam jenis buah bisa kita temukan di sini termasuk yang hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu.

Salah satu buah yang bisa kita temukan di Indonesia adalah cempedak. Buah ini memiliki tampilan luar yang yang serupa dengan nangka namun rasa yang khas.

Buah ini bisa ditemukan pada berbagai daerah di wilayah Asia Tenggara. Serta pada berbagai daerah lain seperti Hawaii maupun India.

Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Cempedak

Banyak yang tak menyadari bahwa ternyata buah cempedak ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat kesehatan pada tubuh kita. Berikut sejumlah manfaat luar biasa dari buah cempedak.

1. Baik bagi Kesehatan Jantung

Cempedak memiliki kandungan antioksidan, serat, serta vitamin C di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium di dalam cempedak juga tinggi dan bisa bermanfaat menurunkan tekanan darah. Kandungan ini bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dan hipertensi yang berdampak buruk pada kesehatan jantung.

2. Baik bagi Kesehatan Mata

Buah cempedak memiliki kandungan vitamin A yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan mata. Di antara buah-buahan lain yang mengandung vitamin A, cempedak termasuk memiliki rasa yang paling lezat di antara lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Konsumsi buah cempedak bisa membantu melancarkan dan menjaga pencernaan berjalan mulus. Kandungan vitamin C pada cempedak bisa mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

4. Mencegah Risiko Stroke

Salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang di masa kini adalah stroke. Untuk mencegah munculnya masalah ini, cempedak merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat ini.

5. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Cempedak bisa menjadi buah yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol seseorang. Kandungan vitamin C dari cempedak bisa mencegah kolesterol buruk masuk ke aliran darah yang bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung.

6. Meringankan Tumor

Walau masih belum ada bukti secara ilmiah, namun cempedak dipercaya bisa membantu meringankan tumor. Hal ini mugkin terjadi karena kandungan bioflavonoid yang dikandung oleh buah ini.

7. Menguruskan Tubuh

Mengonsumsi buah cempedak bisa membuatmu merasa lebih kenyang. Hal ini menyebabkan buah ini sangat cocok untuk menguruskan tubuh. Kandungan nutrisi dari buah ini menjadikan perutmu jadi kenyang serta memenuhi kebutuhan tubuh.

8. Mengatasi Malaria

Sejumlah kandungan yang ada di dalam cempedak bisa membantu mencegah dan mengobati malaria. Kandungan artioindonesianidin dan heteriflavon C dari buah ini bisa menghilangkan parasit malaria di dalam tubuh.

9. Mengeluarkan Parasit dari Tubuh

Pada tubuh seseorang, mungkin muncul sejumlah parasit yang mengganggu sistem kerja organ tubuh. Pada kondisi tertentu, parasit ini juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Cempedak merupakan buah yang tepat dikonsumsi untuk menghilangkan parasit yang bersarang di dalam tubuh.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel