Menu Melayang




Cegah Demam Tifoid Dengan Vaksin

Demam tifoid atau types sebagai salah satunya penyakit yang dikarenakan oleh minuman dan makanan yang kurang bersih. Untuk menahan timbulnya permasalahan ini, salah satunya hal yang dapat dilaksanakan dengan lakukan vaksinasi.

Cegah Demam Tifoid Dengan Vaksin

Vaksin untuk menahan terserang demam tifoid diberi satu jumlah dan diulangi tiap 3 tahun sekali, kata dokter specialist penyakit dalam sekalian Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia, dr. Suzy Maria, Sp.PD, K-AI.

Vaksin untuk demam tifoid yang sekarang ini ada ditujukan untuk anak umur 2 tahun ke atas karena pembentukkan antobodi terjadi secara baik pada umur itu.

"Satu jumlah perlidungan sepanjang tiga tahun. Vaksinasi diulangi tiap tiga tahun sekali," kata Suzy dalam pertemuan online mengenai tifoid beberapa lalu dikutip dari Di antara.

Vaksin tifoid aman dipakai dengan dampak simpang yang nyaris tidak ada. Walaupun demikian, kadang beberapa orang rasakan dampak dengan tingkat yang dapat ditolerir rasa seperti pegal di wilayah sisa suntikan, badan tidak berasa nikmat dan demam enteng.

Hal yang Perlu Jadi perhatian

Suzy menjelaskan, seorang dapat memperoleh vaksin di dalam rumah sakit besar atau klinik yang sediakan vaksin umum. Suntikan vaksin dianjurkan interval sebulan saat sebelum atau setelah vaksin COVID-19.

"Optimis vaksinnya ada, baru kita dapat tiba (ke klinik atau rumah sakit). Kelak diberi kartu vaksin, ada catatan kapan harus diulangi," papar ia.

Mereka yang sempat terserang demam tifoid tidak mempunyai kebal dari infeksi alami hingga masih berkesempatan alami penyakit sama di periode kedepan.

Demam tifoid karena infeksi bakteri Salmonella thyphi di aliran cerna dan berpengaruh pada semua badan. Makanan tidak bersih dan tercemar bakteri menjadi sumber penyebaran penyakit yang digolongkan sebagai foodborne diseases itu.

Hal yang lain penting diingat ialah dengan konsumsi makanan masak yang terbangun kebersihannya. Yakinkan semenjak bahan, pemrosesan, dan penyuguhan, minuman dan makanan itu pada keadaan bersih.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel