Menu Melayang




Tanda-tanda Anak Stres Saat Pandemi

Kemunculan COVID-19 yang kemudian mengubah hidup banyak orang membuat siapapun yang terdampak, mengalami kesulitan dalam menghadapi wabah ini. Karena itu gejala stres pun menjadi hal yang tidak terhindarkan. Namun tak hanya orang dewasa, ternyata anak juga bisa merasakan stres saat dihadapkan dengan pandemi COVID-19.

"Perubahan perilaku dan emosional seperti mudah tantrum serta adanya keluhan fisik pada anak adalah beberapa ciri stres yang bisa dialami anak-anak," kata psikolog anak Fathya Artha Utami dalam peringatan Hari Anak Nasional 2021.

Tanda-tanda Anak Stres Saat Pandemi

Fathya menambahkan agar para orangtua dapat memahami kondisi yang dialami anak. Kepekaan orang tua untuk mendeteksi perilaku stres juga diperlukan agar bisa mengatasi masalah yang ada.

“Caranya bisa mengomunikasikan emosi dengan anak secara jujur agar kita tahu kebutuhan mereka,” ujar Fathya.

Komunikasi yang jujur antara orang tua dan anak akan berguna dalam upaya penyusunan strategi untuk saling menenangkan emosi yang dirasakan. Karena anak-anak belum mampu menyampaikan emosi mereka dengan sempurna, maka peran orang tua sangat diperlukan dalam pengelolaan emosi anak.

Tidak perlu bingung, Fathya sebagai psikolog anak memberi tahu Anda bagaimana cara untuk membantu anak mengelola emosi, "Agar mudah diingat caranya dengan HADIR," kata Fathya.

HADIR yang dimaksud adalah:
Hadapi dengan tenang,
Anggap semua perasaannya penting,
Dengarkan tanpa distraksi,
Ingat untuk bantu menamai emosi anak, dan
Rembukan opsi, batasan serta solusi masalah.

Dengan kepekaan orang tua dalam mengenali ciri anak yang sedang stres, maka akan lebih mudah bagi Anda para orang tua untuk bisa mengatasi masalah sejak dini.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel