Menu Melayang




Platform Teknologi Pendidikan Quipper Mendukung PTM

Basis tehnologi pengajaran (edutech), Quipper, memberikan dukungan Kementerian Pengajaran, Kebudayaan, Penelitian, dan Tehnologi (Kemendikbud Ristek) untuk memaksimalkan evaluasi pada penerapan sekolah bertemu muka (PTM) terbatas. Beberapa implikasi evaluasi di sekolah sekarang ini dilaksanakan secara online, bertemu muka, dan kombinasi atau hybrid learning.

Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manajer Quipper Indonesia, menerangkan trend evaluasi digital terjadi semenjak zaman 3.0 dan semakin berkembang sampai sekarang ini. Dengan membaiknya wabah yang memungkinkannya makin banyak lakukan PTM, sekolah bisa menerapkan mode hybrid learning sebagai jalan keluar untuk mendukung aktivitas PTM dengan maksimal.

Platform Teknologi Pendidikan Quipper Mendukung PTM

"Kami optimis peluang evaluasi kombinasi atau hybrid learning bukan hanya berkaitan saat PTM terbatas berjalan, tetapi juga sisi dari ekosistem pengajaran di masa datang. Perlu ditegaskan jika jalan keluar dan tehnologi yang dipakai ialah pas hingga keperluan guru dan pelajar terus tercukupi," kata Ayu dalam media briefing.

Penerapan hybrid learning bisa disokong basis terpadu, gampang dipakai, dan dapat disamakan dengan keperluan pelajar dan guru. Lewat service Quipper Video dan Quipper School Premium (QSP), pelajar dan guru bisa memakai beragam feature yang memberi kenyamanan dan keringanan belajar.

Misalkan, dari segi pelajar, untuk membuat lancar proses belajar berdikari sepanjang aktivitas belajar mengajarkan kombinasi, account Quipper belajar pelajar diperlengkapi feature Penelusuran (Search) yang mempermudah pelajar mendapati materi yang diperlukan baik video atau latihan masalah. Selanjutnya feature Referensi Topik dan feature Prestasi Belajar (Learning Achievement) yang memberi laporan mingguan untuk perkembangan belajar pelajar, sekalian instruksi untuk kuasai materi yang belum usai didalami.

Untuk beberapa guru, Quipper mendatangkan service Quipper School Premium, sebuah Learning Manajemen Sistem (LMS) yang mendatangkan jalan keluar terintegrasi supaya aktivitas belajar bisa jalan maksimal, baik saat jarak jauh atau PTM terbatas.

"Di awal implementasi PJJ, Quipper School Premium memungkinkannya guru mengupload materi dan pemberian pekerjaan belajar, lakukan ujian dan penilaian automatis, mengawasi kegiatan belajar, dan perolehan pelajar secara real-time dan automatis, sampai tatap muka online lewat Zoom yang terpadu dengan mekanisme kami. Dalam pada itu, saat PTM, service QSP mempermudah guru menguatkan kepenguasaan materi lewat beberapa puluh ribu materi dan video evaluasi, pendayagunaan waktu di kelas dengan efisien, dan menyiapkan pelajar temui Asesmen Nasional atau SBMPTN melalui content masalah intens dan try-out," tutur Ayu.

Di kesempatan sama, Juandanilsyah, Riset Peraturan Pakar Madya, Koordinator Sektor Peserta Didik Direktorat SMA Ditjen Dikdasmen Kemendikbudristek, menambah hybrid learning sebagai evaluasi kombinasi di antara online dan bertemu muka untuk menghindar learning loss.

"Pemerintahan berusaha menolong efektivitas hybrid learning di beberapa sekolah lewat beragam program seperti rileksasi dana Bos yang bisa dipakai oleh sekolah untuk atur proses evaluasi, aktivitas guru share untuk tingkatkan ketrampilan beberapa guru, pembagian paket internet untuk belajar, guru segera di beberapa daerah terasing sampai kontribusi perlengkapan TIK ke beberapa sekolah di semua Indonesia," terangnya.

Menurut dia, pemerintahan tidak bisa bekerja sendiri dalam membuat KBM hybrid learning aman. Peranan orangtua, sekolah, dan warga benar-benar dibutuhkan untuk mengoptimalkan pembangunan watak dan personalitas anak dengan optimal.

Selainnya orangtua, sekolah dan warga, beberapa pihak swasta mempunyai peranan penting dalam aktivitas KBM. Kerjasama yang bagus di antara pemerintahan dan faksi swasta akan membuat ekosistem hybrid learning yang lebih bagus, hingga angkatan penerus bangsa menjadi pintar dan sehat walaupun evaluasi jarak jauh.

Karunia Kusnadi, Kepala SMAN 1 Tambun Selatan, Bekasi, memiliki pendapat support training dan pengiringan periodik dari Quipper School Premium, sekolah bisa mengaplikasikan hybrid learning secara penuh dan mendapatkan faedah riil. "Karena training periodik dari Quipper School Premium, sekarang sekolah bisa secara mudah mengawasi kegiatan mengajarkan guru dan belajar pelajar. Kami menyaksikan ada kenaikan kekuatan tehnologi bapak dan ibu guru," katanya.

Mekanisme evaluasi terpadu Quipper School Premium (QSP) bukan hanya memberi jalan keluar terintegrasi untuk memaksimalkan KBM. Tetapi, tingkatkan kekuatan guru dalam mengajarkan melalui training dan beberapa kegiatan berkaitan yang diadakan dengan teratur. QSP sudah dipakai beberapa sekolah semenjak awalnya service ini disiapkan pada Juni 2020. Per semester satu tahun tuntunan 2021/2022, lebih dari 8,tiga juta pelajar dan 400.000 guru sudah tergabung dan memakai service Quipper.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel