Menu Melayang




Level PPKM Turun Prokes Tetap Diperketat

Warga disarankan perketat implementasi prosedur kesehatan walau PPKM (Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga) turun terus. Ketua Sektor Peralihan Sikap Satuan tugas Pengatasan COVID-19 Sonny Harry mengatakan bila pengetatan prokes ini harus dilaksanakan dan dipantau lewat program Perduli Jagalah.

Level PPKM Turun Prokes Tetap Diperketat

"Mengapa kita dapat menjaga kasus rendah? Karena saat kita awali longgarkan kegiatan, karena tingkat PPKM (Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga) turun terus, kegiatan dilonggarkan, mobilisasi bertambah, tetapi prokes malah diketatkan," ucapnya dalam seminar-online "Tidak boleh Halu, Wabah Belum Berakhir" yang diawasi di Jakarta.

Di negara lain saat penebaran COVID-19 bisa mulai dikontrol, kasus positif COVID-19 menerpai, kelonggaran kegiatan dituruti oleh kelonggaran implementasi prokes. Mengakibatkan negara itu kembali alami kenaikan kasus positif COVID-19. "Satuan tugas COVID-19 sektor peralihan sikap juga terus berusaha membuat kesadaran warga. Sekarang ini alhamdulillah nilai kepatuhan warga masih tinggi," ucapnya.

Indonesia perlu menjaga pencarian dan pengujian COVID-19 walau kasus positif tengah agak miring. Menurut Sonny, beberapa negara condong kurangi pencarian dan pengujian saat kasus sedang agak miring. "Jika kita malah tingkatkan 'testing' (pengujian) dan 'tracing' (pencarian) supaya kita dapat mendapati secepatnya orang yang terverifikasi positif dan menghindar penyebaran," katanya.

Pemerintahan akan menggalakkan vaksinasi COVID-19 supaya selekasnya capai sasaran. Sekarang ini, 89 juta orang sudah mendapatkan vaksin jumlah komplet atau sekitaran 43 % dari 208 juta warga yang ditargetkan pemerintahan. "Untuk jumlah pertama, sudah raih 134 juta orang. Jika dari lingkup warga Indonesia, banyaknya orang yang telah divaksinasi 134 juta ini sama dengan 50 % dari jumlahnya warga, tetapi jika dari sasaran vaksinasi, ini telah raih 64 %," ucapnya.

Jika vaksinasi lengkaplah capai 50 % dari sasaran pemerintahan mulai akan vaksinasi anak dan vaksinasi penguat atau jumlah ke-3 . "Saat ini mobilisasi warga mulai bertambah, tetapi tetap lebih rendah dari keadaan normal. Saat kita awali kegiatan secara masif, karena itu kita harus yakinkan prokes dioptimalkan secara baik," ucapnya. Oleh karena itu, walau kasus positif Covid-19 dan tingkat PPKM turun, Anda dan keluarga harus tetap disiplin menggunakan masker, membersihkan tangan, dan menghindar keramaian dalam melakukan aktivitas setiap hari.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel