Menu Melayang




Ciri Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Ada beberapa penyakit paru yang dapat dirasakan seorang baik karena bawaan atau karena pola hidup. Salah satunya permasalahan yang kemungkinan dirasakan seorang ialah Penyakit Paru Obstruktif Akut.

Dokter specialist penyakit dalam konselor pulmonologi di RS Advent Bandung Arto Yuwono Soeroto memperkenalkan pengertian penyakit paru obstruktif akut (PPOK).

Ciri Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Menurut dia, dari segi bahasa ada dua kata penting yang mengikuti PPOK yaitu obstruksi dan akut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) obstruksi maknanya sumbatan, halangan (contoh: cairan yang bisa mengucur atau bergerak di aliran).

"Sedang, akut memiliki arti berjangkit terus dalam waktu yang lama, menahun mengenai penyakit yang tidak pulih," ucapnya dalam seminar online Kementerian Kesehatan beberapa lalu.

PPOK ialah penyakit yang biasa, bisa dihindari, dan bisa diobati yang dikarakteristikkan oleh tanda-tanda pernafasan dan pembatasan saluran udara konsisten. Ini karena abnormalitas aliran pernafasan dan/atau alveolus yang umumnya disebabkan karena paparan berarti partikel atau gas beresiko dan dikuasai oleh factor pribadi, terhitung abnormalitas perubahan paru.

Ciri-Ciri PPOK

Arto mengatakan beberapa ciri PPOK seperti berikut:

-Dalam PPOK ada tanda-tanda keluh kesah aliran pernafasan yang tinggal, contoh: batuk berdahak, napas sesak.
-Gejala pernafasan itu memiliki sifat tinggal dan progresif.
-Gejala pernafasan itu dikarenakan oleh ada kerusakan aliran napas dan gelembung alveoli (kantung udara kecil dalam paru-paru sebagai tempat transisi oksigen dan karbon dioksida).
-Kerusakan itu disebabkan karena pajanan dengan gas/partikel beresiko seperti rokok dan pencemaran.
-Dapat dihindari dan diobati.

Tanda-tanda PPOK

Sedang, tanda-tanda PPOK berbentuk sesak, batuk, mengi dan dada berat, dan realisasi tambahan.

-Saat sesak, pasien bisa rasakan lebih susah bernapas, dada berasa berat, dan tersengal-sengal.
-Pada tanda-tanda batuk, awalannya pasien cuman batuk seringkali (terkadang). Selanjutnya keadaan batuk jadi lebih kronis dan kerap. Dapat tiap hari atau selama seharian, dapat juga berdahak atau mungkin tidak berdahak.
-Mengi atau suara siulan saat menarik dan buang napas terkadang bisa terjadi pada pasien PPOK.
-Manifestasi tambahan dari PPOK terhitung kecapekan, pengurangan berat tubuh, otot menjadi kecil, tidak selera makan, tulang patah dada, lebam tungkai bawah, Stres, dan kekhawatiran.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel