Menu Melayang




Efek Samping Dari Makan Pepaya Berlebihan

Salah satu buah yang menjadi favorit dan konsumsi sehari-hari bagi orang Indonesia adalah pepaya. Buah ini bisa mudah dibeli atau ditanam sendiri sehingga sangat mudah diperoleh.

Pepaya merupakan salah satu buah sehat dengan kandungan nutrisi yang kaya. Sebuah pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, vitamin C yang tinggi, serta serat yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 20 persen.

Kandungan nutrisi yang kaya di dalam pepaya menyebabkan buah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat yang paling banyak disebut bisa didapat dari pepaya adalah untuk melancarkan pencernaan.

Efek Samping Dari Makan Pepaya Berlebihan

Walau mengandung manfaat kesehatan, namun mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa muncul ketika terlalu banyak mengonsumsi pepaya.

Kulit Menguning

Pepaya berwarna oranye karena kandungan beta karoten di dalamnya. Makan terlalu banyak pepaya ternyata mampu menyebabkan perubahan warna kulit dalam kadar yang rendah yang disebut dengan karotenemia.

Telapak tangan dan telapak kaki adalah bagian tubuh yang paling terlihat akibat perubahan warna ini. Meski tidak berbahaya, namun kamu harus mengurangi konsumsi pepaya jika hal ini terjadi pada kulitmu.

Gangguan Pernapasan

Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan.

Bagi mereka yang mudah alergi, enzim papain bisa menyebabkan demam, asma, sesak napas, hingga hidung tersumbat. Oleh karena itu, bagi seseorang yang mengidap masalah tersebut, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi pepaya.

Pembentukan Batu Ginjal

Pepaya mengandung vitamin C. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam gangguan penyakit, mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi pepaya berlebihan bisa berarti kamu juga akan berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C. Hal ini bisa mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang bisa berujung dengan pembentukan batu ginjal.

Gangguan Pencernaan

Meski pepaya tinggi serat dan bisa mencegah sembelit, namun terlalu banyak makan pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut. Adanya kandungan enzim papain di dalamnya membuat masalah ini mungkin terjadi.

Sejumlah hal tersebut menunjukkan bahwa walupun sehat, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi pepaya. Konsumsi dalam jumlah tepat agar terhindar dari masalah dan bisa memperoleh manfaat sehatnya.

Blog Post

Related Post

Chat WA

Back to Top

Cari Artikel